IMG-20220319-WA0023.jpg

Dampingi Pengelolaan Sampah LP Cipinang

JAKARTA – Untuk mengurangi volume sampah masuk ke TPA Jakarta, YAKSINDO mendampingi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang dalam pengelolaan sampahnya. Hal ini disampaikan oleh Founder sekaligus Supervisor YAKSINDO, Asrul Hoesein.

Pada awal pekan lalu, Asrul Hoesein mendatangi LP Cipinang untuk terlebih dahulu mengedukasi para pejabat LP mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang sesuai regulasi. Sebab, hanya dengan pengelolaan sampah sesuai regulasi, masalah dapat dibereskan secara menyeluruh, sistematis dan berkelanjutan.

Menurut Asrul, pihak LP Cipinang sangat mengapresiasi YAKSINDO untuk dapat mendampingi mengelola sampah. Dari dalam LP Cipinang sampah cukup banyak dan bervariasi. Sampah merupakan sisa konsumsi para warga LP Cipinang yang diperoleh dari kiriman sanak saudaranya.

img 20220319 0127294252523287549908094
Asrul Hoesein saat meninjau volume sampah TPS LP Cipinang. (Dokpri.)

Kegiatan pendampingan pengelolaan sampah di LP Cipinang bukan hanya bertujuan untuk membersihkan lingkungan, tapi juga untuk melatih para narapidana untuk mempelajari program pengelolaan sampah yang dapat memberikan keuntungan ekonomis. Sehingga, ketika warga LP Cipinang sudah kembali ke masyarakat, praktik pengelolaan sampah dalam LP bisa ditularkan pada lingkungannya.

Terlebih jika warga LP tersebut mampu memahami karakter sampah dan karakter bisnis sampah. Mereka bisa melanjutkan hidup secara baik dengan menjadi pengusaha-pengusaha pengelolaan sampah yang sesuai regulasi dan taat aturan pemerintah. (nra)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *