Tentang Yaksindo

Yayasan Kelola Sampah Indonesia disingkat Yaksindo didirikan dan berkantor pusat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Pendirian Yaksindo telah disahkan dengan Akta Notaris Nomor 10, Tanggal 14 April 2020 di Notaris Lidya Elizabhet, SH., MKn. notaris di Kabupaten Sidoarjo.

Yaksindo telah disahkan juga sebagai badan hukum dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia NOMOR AHU-0006974.AH.01.04.Tahun 2020 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Kelola Sampah Indonesia.

Visi Yaksindo

Mewujudkan pengelolaan sampah Indonesia secara komperhensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

Misi

  1. Berperan aktif dalam pelaksanaan segala regulasi terkait pengelolaan sampah dan pengelolaan lingkungan, terutama Undang Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah (UUPS)
  2. Berperan aktif menjamin kepastian hukum bagi rakyat untuk mendapatkan pelayanan pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan;
  3. Berperan aktif dalam penegakan larangan memasukkan dan/atau mengimpor sampah ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  4. Berperan aktif dalam upaya penertiban penyelenggaraan pengelolaan sampah;
  5. Melakukan pendampingan pada pemangku kepentingan dalam pengelolaan sampah baik pemerintah, pemerintah daerah, pengusaha, masyarakat dan pengelola sampah secara umum.
  6. Membimbing masyarakat, organisasi masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pengelolaan sampah.